Selasa, 02 November 2010

STAIN MALIKUSSALEH

KEPADA PAI SEMESTER I UNIT 1 dan 2 (MATA KULIAH TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH

TEORI

Dalam makna sederhana, teori itu pendapat ahli. siapa ahli itu? Secara akademik, ahli itu yang bergelar Profesor. Ketika seorang Profesor berbicara tentang bidang keahliannya, maka itu sah disebut teori. Jika ia tidak bicara tentang bidang keahliannya, maka tidak bisa disebut dengan teori.

Teori dalam pengertian ilmiah, yang menghubungkan antar variabel. Sesuatu yang bisa menjelaskan hubungan kausalitas dari variabel-variabel itu adalah teori. Contoh teori motivasi belajar. Peserta didik akan termotivasi belajar, jika gurunya profesional, ramah, good face, terampil dalam menggunakan metode mengajar, dan sebagainya. Bagaimana hubungan antara guru yang profesoinal dengan motivasi belajar peserta didik, dapat dijelaskan. Yang menjelaskan itu adalah teori. Guru yang profesional adalah menguasai materi pelajaran dan menguasai metode mengajar. Dengan profesionalismenya guru bisa menjelaskan pelajaran, sehingga peserta didik paham pelajaran. Jika peserta didik paham pelajaran, maka ia merasa nyaman belajar, karena ketika ditanya, maka ia bisa menjawab. Jika peserta didik paham suatu pelajaran, maka akan memudahkannya untuk memahami pelajaran selanjutnya yang ada hubungannya dengan pelajaran selanjutnya. Dengan demikian, peserta didik semakin termotivasi belajar.

Tugas:
Kemukakan 5 teori pendidikan Islam dan komentarilah teori itu secara ilmiah dengan memperhatikan aturan penulisan karya ilmiah. Kumpulkan pada hari Sabtu, 6 November 2010

Dosen: Sehat Sultoni Dalimunthe, M.A.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar